Tips Menghadapi Anak Yang Suka Membangkang

Bagi yang memiliki anak dengan rentang usia 4 – 6 tahun akan mengalami masa-masa dimana anak menjadi suka membantah. Dan seringkali hal itu menimbulkan amarah dan rasa kesal dihati orang tua.Sebenarnya anak-anak yang berada pada usia pra sekolah ini sudah bisa diajarkan mengenai aturan dan norma-norma.

Namun ada saja hal yang menghadang sehingga pembelajaran tentang aturan-aturan tersebut kerap kali dilanggar. Padahal mereka sebenarnya sudah memahami tentang aturan dan norma-norma tersebut.

Agar anak mau mengikuti aturan dan tidak membangkang, orang tua bisa melakukan hal-hal sebagai berikut :

1. Memberikan instruksi yang jelas
Pada saat memberikan instruksi atau aturan tertentu, utarakan dengan jelas dan gunakan kata-kata yang sederhana. Jangan mengatakan aturannya dengan panjang lebar dan membuat anak menjadi jenuh dan terkesan diperintah.

2. Cari saat yang tepat
Pada saat memberikan perintah kepada anak, kita harus memcari waktu yang tepat apakah anak dalam kondisi yang tepat dan yang paling penting memahami keadaan anak

3. Ciptakan suasana yang menyenangkan
Apabila ingin meminta anak melakukan sesuatu bisa dilakukan dengan merubah kalimat perintah dengan kalimat ajakan, sehingga anak tidak merasa dipaksa dan melakukan perintah orang tuanya dengan nyaman dan senang.

4. Hindari ancaman dan paksaan
Lakukan dialog dan saling mendengarkan pada saat orang tua ingin memberikan perintah bukan dengan ancaman dan paksaan sehingga anak tidak belajar bahwa segala hal bisa dilakukan dengan ancaman dan paksaan.

5. Jadilah contoh
Orang tua diharapkan bisa jadi role model bagi anak dengan memberikan contoh sehingga tidak hanya memberikan perintah saja. Seperti orang tua ingin anak selalu membereskan mainannya, ibu bisa memberikan contoh tentang kebersihan dan kerapihan rumah.

6. Reward atau punishment
Penghargaan bisa diberikan pada saat anak mematuhi perintah kita. Reward tidak harus berupa hadiah barang tetapi bisa dengan pujian atau ekspresi cinta dari orang tua. Sedangkan pemberian hukuman bisa diubah menjadi konsekuensi negatif seperti melarnag anak melakukan sesuatu yang disukainya. Namun hal itu juga bisa dinegosiasikan kepada anak.

7. Bersikap tenang dan intropeksi
Pada saat anak menentang, orang tua tidak perlu bereaksi yang spontan, reaktif dan tergesa-gesa. Bersikap tenang dan pahami latar belakang yang menyebabkan anak membangkang atau menentang. Bisa jadi aturan atau perintah kita terlalu kaku atau tidak konsekuen atau kurang apresiasi.

http://www.sxc.hu/photo/877976


Speak Your Mind

*