Memilih Mainan Yang Baik Untuk Balita

Masa balita ialah masa bermain. Jadi pastikan balita Anda memiliki cukup mainan untuk tumbuh kembangnya. Saat ini banyak pilihan mainan ditawarkan bebas. Tapi Jangan asal pilih mainan yang diklaim edukatif namun membahayakan. Membeli di pasar tradisional akan jauh lebih murah, namun jangan juga tergoda harga murah.

Ini dia tips memilih mainan yang baik untuk balita:

1. Terdaftar
Periksa kemasan mainan, apakah ada label yang menjelaskan fungsi dan cara mengoperasikan mainan dalam Bahasa Indonesia? Pilih mainan dengan label yang memuat informasi lengkap. Termasuk bahan baku pembuat mainan. Pastikan mainan tidak terbuat dari zat kimia berbahaya.

2. Sesuai usia
Jangan berikan mainan berupa potongan-potongan kecil kepada anak berusia 2-3 tahun. Anak sekecil itu masih suka memasukkan barang apa saja ke dalam mulut. Jika diberi mainan dalam potongan-potongan kecil, bisa saja anak akan menelannya karena ingin tahu.

3. Warna
Hati-hati dengan warna yang serba cerah. Mungkin menarik, tapi juga berpotensi mengandung cat dengan zat racun membahayakan.

4. Edukatif
Anak umur 12 bulan masih perlu mengasah sensor motoriknya. Karena itu berikan mainan yang memungkinkan si anak untuk terus bergerak, meski gerakan sederhana sekali pun. Misalnya, mainan ala tukang palu cocok untuk si kecil yang baru berusia satu tahun.

5. Fisik mainan yang mulus
Pilih mainan yang mulus bentuk fisiknya. Mainan balok kayu, misalnya. Perhatikan dengan seksama apakah ada permukaan balok yang tak rata. Hati-hati, serpihannya bisa menelusup pada kulit tangan si buah hati.

6. Harga
Jangan tergoda dengan harga murah meskipun harga mainan yang mahal tidak menjamin keamanan mainan. Terbukti dengan pernah ditemukannya zat logam berbahaya pada mainan mahal beberapa waktu lalu.

7. Terus bergerak
Pilih mainan yang akan terus memancingnya bergerak kesana kemari sehingg bermanfaat bagi kebugaran dan mencegah obesitas. Ingat, anak butuh aktivitas fisik rata-rata tiga jam per hari. Pilih mainan bola yang bisa ia tendang kesana kemari, atau mobil-mobilan yang bisa dikejar-kejar.

 



Speak Your Mind

*